Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat

Seperti telah di uraikan di atas bahwa wilayah kecamatan Pamarican memiliki beragam potensi sumberdaya alam,maka yang paling dominan potensi tersebut adalah gula dan kayu . D samping itu sektor pertanian juga telah menjadi produk unggulan,posisinya hampir sebanding dengan sektor perkebunan dan peternakan yang saat ini mulai di galakan berkat fasilitas dari SKPD tingkat Kabupaten.

Memperhatikan keragaman yang di miliki ,maka mobilitas perekonomian masyarakat wilayah kecamatan Pamarican dapat di katakan sangat jauh untuk dikatakan “miskin harta” secara kasat mata perumahan yang di huni masyarakat umumnya berada pada kondisi yang prima.

Suburnya tanah menjadi motifasi utama bagi tumbuh suburnya usaha Agribisnis.Wilayah kecamatan Pamarican saat ini telah menjadi sasaran penting bagi pelaku usaha gula dari luar kota.Dapat di katakan wilayah kecamatan Pamarican merupakan miniatur wilayah kabupaten Ciamis.Karena memiliki potensi unggulan yang selaras dengan visi Kabupaten Ciamis. Khususnya sektor pertanian,perkebunan dan kehutanan yang termasuk dalam domain Agrobisnis.

Banyaknya lembaga keagamaan di wilayah Pamarican ,dapat di jadikan parameter awal,bahwa masyarakat bersifat Religius, santun dalam kata-kata dan bijak dalam sikap.Arus informasi sebagai dampak era globalisasi terbukti telah berhasil mendorong pada peningkatan kecerdasan masyarakat,dari tema-tema yang bersifat politis sampai kepada tema Interprenerial telah berhasil menyentuh rasa keingin tahuan yang tinggi.Terdapat indikasi yang kuat bahwa tokoh masyarakat telah memiliki wawasan mandiri tentang suaktu tema yang sedang menjadi topik kajian masyarakat.Para tokoh masyarakat sangat menghargai kepada upaya-upaya inovatif bagi perkembangan pembangunan tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang Islami.